Pages

Labels

Jumat, 09 November 2012

CARA BERHASIL MENJADI ARTIS KOREA




Diantara kalian ada yang penasaran gak apa rahasia dibalik susksesnya Korea di dunia saat ini ? Ada yang penasaran mengapa mereka bisa memukau di atas panggung atau mempesona dengan lagunya yang seakan menghipnotis kita ?


Sebagian dari kita yang sudah mengenal K-POP pasti sudah tau beberapa rahasia mereka. Sebelum didebutkan sebagai artis, mereka pada umumnya mengikuti masa trainee yang memakan waktu lama. Bahkan ada yang sampai 7 tahun atau 9 tahun.  Mereka sampai merelakan masa indahnya remaja hanya untuk mengejar impian mereka menjadi seorang artis melalu trainee. Untuk mejadi artis terkenal, bukan berarti hanya mengikuti trainee di sebuah dengan latihan yang terlalu keras malah memilih untuk pulang, atau bahkan ada yang bunuh diri. Iiihh.. serem pake bunuh diri segala. Lalu beberapa dari mereka yang kuat yang kuat akan latihan yang keras itu, terus mengasah kemampuan mereka hingga mereka akhirnya didebutkan menjadi seorang idol. Setelah mereka debut, belum tentu mereka akan sukses atau tidak. Mengingat betapa ketatnya persaingan menjadi seorang idol di korea. Sebuah idol grup pun belum tentu sukses nantinya. Hanya sedikit dari mereka yang bisa bertahan menghadapi cobaan seperti perpecahan grup tersebut atau bubarnya grup tersebut.





CONTOH SISTEM TRAINEE DI KOREA
               
 Kali ini saya akan mencoba menguak sedikit sistem trainne di korea. Menurut buku yang pernah saya baca, Jang Sukwoo (perwakilan word intertaintment) akan bercerita mengenai kehidupan trainee-nya di perusahaan label musik SIDUSHQ . (tempat Jo insung, Cha taehyun dan yang lain). Dalam sebuah label musik disana, seberapa merdunya suara mereka, seberapa pandainya bermain peran maka akan diberlakukan dengan hebat yaitu dengan teguh menanamkan dasar di awal hingga menjadikan orang yang tidak dapat apa apa, menjadi seorang artis berbakat. Pelatih dalam perusahaan tersebut ialah An Okhyeon yang dulu kecilnya pernah dilatih Moon Yoonho dan Jong Jihyeon. An Okhyeon melatih siswanya dengan cara yang disebut “jalan hidup sparta” setiap harinya. Untuk satu harinya, ada jadwal latihan hingga 14 jam. Mereka akan hidup di dorm. Disanalah mereka memulai semuanya. Bangun pukul 7 pagi, setelah makan pagi lalu gym. Setelah kembali, langsung mereka belajar bahasa Jepang. Diajarkannya bahasa ini, dikarenakan mereka nanti pasti akan hijrah ke jepang. Mengapa sampai hijrah ke Jepang ? Karena pemasaran CD di Jepang sangatlah mudah ( struktur presentase pembagian pendapatannya sangat stabil). Misalnya KARA pada saat penjualan CD di Jepang dapat menjual CD senilai 1.800.000.000 won. Sedangkan di Korea mejual sekitar 1.800.000.000 won adalah pasaryang tidak dapat diprediksi. Apalagi orang Jepang memiliki tradisi mengoleksi CD itu menjadi keuntungan bagi idol itu sendiri.
                Oke. Kembali ke masa training. Para siswa melakukan pelatihan vokal dan tari hingga pukul 11 malam setiap hari. Oleh karena itu, masa trainee sangatlah melelahkan kan ? Menurut jang sukwoo sendiri di perusahaan musiknya pada saat natal, tahun baru tau pun perayaan lainnya pun ia tidak pulang. Ia pun jarang masuk sekolah. Pagi pagi ia pergi ke sekolah sebentar hanya untuk absen, lalu ia kembali latihan. Oleh karena itu, tak banyak dari para trainee yang mengikuti training yang cedera lututnya atau pun memiliki bentuk struktur tulang yang aneh karena sejak kecil mengikuti jalan hidup sparta.
                Karena kerasnya pelatihan pun, tak sedikit dari mereka yang menderita psikologis. Bagus kalau bisa debut lalu sukses, namun kalau tidak bisa akan menjadi masalah besar kan ? Namun, di Korea sendiri sebagai gantinya jika bergabung dengan perusahaan semua biaya akan ditanggung oleh perusahaan. Yang membereskan masalah sekolah pun juga perusahaan. Sehingga, dapat disimpulkan, alasan mengapa di dunia internasional Korea diakui kemampuannya ialah karena sistem yang dijalankan untuk mendidik artis profesional.

Cr : BUKU ‘’THE SECRET SNSD & KARA’’ KARYA YU KIGOSHI


















1 komentar:

 

Blogger news

Free Hello Kitty ani Cursors at www.totallyfreecursors.com

Total Tayangan Halaman