Pages

Labels

Senin, 18 Februari 2013

(News) Kelemahan dari SM, JYP dan YG Entertainment


Di bawah ini adalah sebuah artikel menarik yang ditulis oleh Korean media outlet, Star Today, menunjukkan kelemahan dari “Big 3″ agensi entertaiment Korea Selatan.

SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment disebut “Big 3″ agensi entertaiment Korea Selatan. Dengan perencanaan yang luas, pendanaan dan taktik pemasaran, mereka memiliki sebagian besar saham di industri musik. Namun, bahkan mereka memiliki kelemahan yang tak terelakkan.
Untuk memulai, kelemahan SM terletak pada sistem yang sangat kaku. Setelah merilis grup idola laki-laki, HOT, SM telah memfokuskan pada “blockbuster” idola yang dapat juga dipertunjukan dengan baik. Meskipun secara sistematis dibangun pada gambar idola yang ideal, tren musik luar negeri, gaya yang chic, dan sejumlah besar publisitas, sistem SM masih rentan dengan ’1% dari ketidakpastian’. Alasannya adalah bahwa dalam kasus musik populer, ‘hanya memiliki ramuan rahasia dan mengetahui mantra ajaib’, tidak selalu menghasilkan lagu hit.



Contoh dari kasus ini boyband yang baru memulai debutnya, EXO. Penampilannya terlihat baik, bakat yang luar biasa, publikasi tanpa henti mulai 100 hari sebelum debut besar mereka, lyrics menarik bagi remaja, dan musik skala besar, grup memiliki formula untuk sukses, namun tidak bisa melihat hasil sesuai dengan harapan.
Cukup mengejutkan, itu karena mereka memiliki semua elemen yang ideal yang mengakibatkan evaluasi yang menyatakan bahwa grup tidak berdiri (istimewa) di antara kebanyakan grup idola. Menjadi begitu “biasa” penampilan grup kurang warna unik untuk mereka sendiri. Ini adalah “investasi berani” SM dapat menghambat keberhasilan artisnya, karena semakin besar investasi, semakin besar tekanan untuk mendatangkan pendapatan. Jika pergi dengan pernyataan, ‘bukan yang kuat yang bertahan hidup, melainkan orang-orang yang bertahan kuat ‘, maka dengan pengecualian untuk BoA, tidak ada artis yang ‘kuat’.

Di sisi lain, kelemahan JYP terbesar terletak pada kepala agensi mereka sendiri, Park Jin Young. Lagu khasnya ‘Sederhana namun catchy’ adalah alasan mengapa Wonder Girls, 2PM, Miss A, dan lain-lain dianggap perwakilan dari K-Pop, namun semua judul lagu adalah ciptaannya. Meskipun dikatakan bahwa lagu Park Jin Young dipetik bhkan melawan  lagu tim A & R yang telah disusun, mereka tidak dapat menyangkal fakta setidaknya tiga artis agensi belum mempromosikan judul lagu yang diproduksi oleh pihak lain selain Park Jin Young.

Masalah terbesar adalah bahwa karena musik lagu-lagu yang dihasilkan oleh satu individu, semua lagu umumnya dapat terdengar serupa. Bahkan dalam kasus Wooyoung 2PM, yang individualitas harus bersinar melalui debutnya sebagai artis solo, orang tidak bisa tidak melihat kesamaan gaya dari judul lagu barunya ini hampir serupa dengan lagu-lagu 2PM.

Meskipun bisa dilihat sebagai “arah perusahaan”, itu tidak dapat melumpuhkan untuk grup idola yang selalu mencari gambar baru yang menarik bagi pemirsa. Pada kenyataannya, enam tahun veteran girl grup Wonder Girls belum keluar dari konsep retro yang mereka ciptakan sejak awal dengan lagu, “Tell Me”, “So Hot”, dan “Nobody”.

Yang tak kalah pentingnya, kelemahan terbesar YG dapat dicatat dalam sistem mereka sangat tertutup dalam komunikasi. Hal ini terlihat dalam hubungan mereka dengan perusahaan penyiaran. YG entertaimen telah menjalin hubungan kuat dengan SBS dibandingkan dengan hubungan dengan KBS dan MBC. Debut stage dan penampilan di SBS Inkigayo selalu menjadi prioritas bagi grup2 seperti Big Bang dan 2NE1. Akibatnya, KBS dan MBC bisa tampak agak diabaikan dalam perbandingan.

Ketika masalah ini berubah dari masalah program musik sederhana, untuk diskriminasi dari semua berbagai program dan hiburan, itu membuat lebih sulit bagi semua lembaga penyiaran lain selain SBS. SBS dalam kenyataannya, secara eksklusif menikmati penampilan para artis YG. Selama masa comeback Big Bang, stasiun siaran menyusun program spesial untuk grup, yang juga muncul pada banyak program veriaty show utama seperti , ‘Helling Camp’ , ‘Running Man’, dan ‘You & I’ .

Ini adalah kasus tidak hanya dengan televisi, tetapi juga dengan koran, majalah, dan media lainnya. Ini mungkin tidak menjadi masalah besar bagi artis yang telah mencapai tingkat keberhasilan tertentu, namun tidak terjadi untuk artis baru. Hal-hal negatif terkecil dibesarkan oleh pihak yang bukan “aliansi”, dapat menyebabkan pukulan fatal untuk artis mendatang.

Lain kemunduran yang signifikan adalah bahwa agensi sangat tergantung pada satu artis, Big Bang. Pada tahun 2010, Big Bang bertanggung jawab untuk 70,1% kekalahan dari total penjualan YG entertaiment. Ini bisa berarti bahwa YG lebih berfokus pada Big Bang daripada artis lain, tetapi dapat juga berarti bahwa jika masalah itu terjadi dengan grup, seluruh perusahaan bisa dipertaruhkan.
Apakah argumen yang diberikan di atas membuat kalian mengangguk setuju atau apakah kalian melihat sesuatu yang berbeda?

Sumber : yeppopo.wordpress.com
credit: allkpop
indotrans: askarein@yeppopo

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Free Hello Kitty ani Cursors at www.totallyfreecursors.com

Total Tayangan Halaman